Minggu, 25 November 2012

Tugas Pengantar Bisnis minggu ke-6


Tugas pengantar bisnis minggu k-6

Pertanyaan :
1.      Sebutkan perbedaan masing-masing jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh ?
2.      Buatlah skema bauran pemasaran ?
3.      Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?

Jawaban :
  1.      Jenis-jenis pasar, antara lain sebagai berikut :
·         Pasar Konsumen :
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Contoh pasar konsumen seperti kebutuhan primer/pokok (misal : beras, makanan, minuman), kebutuhan sekunder (misal : baju, celana), kebutuhan tersier/mewah (misal: mobil, motor, emas).
·         Pasar Industri :
Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual. Contoh seperti pasar tekstil (misal: garment), industri mesin, industri makanan dan minuman.
·         Pasar Penjual :
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba. Contoh dari pasar penjual seperti supermarket, butik, hypermarket.
·         Pasar Pemerintah :
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain. Contoh dari pasar penjual adalah Bank BRI, PT. Pos Indonesia, PDAM (PAM).
2.
3.    Tujuan sistem pemasaran, yaitu :
·         Memaksimumkan konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptkan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum
·         Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
·         Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur.
·         Memaksimalkan Pilihan
Tujuan lain di sistem pemasaran adalah ragam produk dan pilihan konsumen, meskipun sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang dengan tepat memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hidup mereka, tetapi konpensasinya adalah peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat menyebabkan berkurangya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua, pertambahan ragam produk, tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan pilihannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar