Tugas pengantar bisnis minggu ke-4 dan
ke-5
Pertanyaan :
1.
Sebut dan jelaskan kiat berwirausaha yang
berhasil !
2.
Berikan masing-masing 3 contoh usaha
franchising local dan asing untuk bidang pendidikan, kesehatan, jasa,
makanan/minuman !
3.
Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dan
bisnis kecil !
4.
Buatlah 1 contoh denah/lay out misal : mall,
rumah sakit setiap kelompok berbeda !
Jawaban :
1.
Menurut Renee Martin, penulis "The Risk Takers: 16
Women and Men Share Their Entrepreneurial Strategies for Success" dari para
pengusaha-pengusaha wirausaha yang berhasil. Berikut sepuluh cara untuk sukses, yaitu
:
a)
Mencari pasar khusus yang belum
tergarap
Identifikasikan sebuah pangsa pasar khusus
(niche market) yang kebutuhan utamanya belum terpenuhi oleh kompetitor.
Bangun sebuah spesialisasi yang Anda tahu merupakan keunggulan dari perusahaan
Anda. Ingatlah, bahwa bahkan sebuah perusahaan besar dan bertaraf internasional
pun tak bisa memuaskan semua orang. Banyak pasar khusus yang seringkali tak
tergarap karena dianggap terlalu kecil.
b)
Peka terhadap tren terbaru berani
memulai
Carilah kebutuhan dan keinginan terbaru dari
para konsumen yang tumbuh dari perubahan tren di segi kultural, ekonomi,
teknologi yang menjadi sinyal kesempatan pasar baru. Bertindaklah dengan cepat,
jangan menunda terlalu lama.
c)
Lakukan!
Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling
"sempurna" untuk meluncurkan bisnis takkan pernah bisa diprediksi secara tepat
dan pasti. Jangan biarkan para bakal calon kompetitor mencuri start dari bisnis
yang sebenarnya bisa Anda mulai terlebih dulu. Mulailah bergerak. Ciptakan
gol-gol pendek dan deadline yang membawa Anda lebih dekat untuk membuka lahan
bisnis baru.
d)
Hindari kata-kata yang mematahkan
semangat
Abaikan orang-orang yang berkata "Itu tak akan
berhasil" atau "Tak akan bisa berhasil kalau kamu melakukannya dengan cara itu".
Sesekali, menjauh dari anggapan yang menurunkan semangat dan aturan baku bisa
membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Perhatikan dan pelajari cara para
pebisnis yang sukses di bidang mereka dengan pandangan yang kritis. Pelajari
cara mereka bekerja dan program yang mereka lakukan. Ajukan
pertanyaan-pertanyaan "bagaimana jika" di dalam pikiran Anda.
e)
Bereksplorasikan kelemahan
competitor
Ambil pandangan kritis terhadap kompetisi Anda
dari perspektif konsumen. Dengarkan baik-baik akan kebutuhan dan komplain dari
konsumen prospektif saat melakukan telepon sales. Hal ini akan membantu
mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan kompetitor. Carilah cara untuk menutup
kekurangan dari servis dan produk Anda sendiri, lalu perbaiki hal tersebut.
f)
Isi kekosongan
Pusatkan pandangan Anda di area yang lupa
ditutupi oleh kompetitor Anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi area baru yang
bisa Anda isi dengan servis atau bisa memposisikan bisnis Anda lebih cepat dari
kompetitor Anda.
g)
Tenar dengan dana
minim
Pikirkan cara bagaimana agar lebih dikenal
dengan dana seminim mungkin. Jangan terlalu menutup diri, jadilah kreatif,
beranikan diri untuk makin dikenal banyak orang (tapi untuk alasan yang baik).
Tukar ide dengan orang-orang terdekat Anda.
h)
Percaya kemampuan
diri
Bangun dan belajar untuk menggunakan kekuatan
intuisi Anda. Dengarkan hati Anda. Akan ada saat-saat Anda harus memilih bermain
aman atau justru bermain nekat untuk menghadapi tantangan bisnis. Orang-orang
sekitar Anda juga memberi masukan yang beragam, sehingga yang bisa Anda percayai
hanyalah diri dan hati Anda.
i)
Jangan biarkan kesulitan atau
kegagalan mengalahkan Anda
Jangan biarkan batasan yang diciptakan oleh
orang lain atau keadaan yang menjepit membuat Anda lemah. Banyak wirausahawan
yang menutup usaha mereka karena tidak percaya pada diri sendiri. Sebagai
wirausahawan, Anda akan menghadapi masa-masa penuh stres yang akan menguji
kepercayaan Anda. Ingatlah, bahwa alat untuk mengusir kegundahan itu adalah
kegigihan dan daya lenting. Percayalah pada konsep bisnis Anda dan komitmen diri
untuk melihat bisnis ini sukses.
j)
Jangan berhenti
berinovasi
Secara kontinu, carilah cara-cara baru untuk
memperkenalkan produk-produk baru dan servis untuk konsumen langganan Anda dan
pasar baru yang Anda temui. Berpuas diri adalah hal yang bisa membahayakan
perusahaan Anda. Sesuaikan bisnis Anda dengan tren pasar.
2.
Tabel franchising lokal dan franchising
asing
Bidang
|
Franchising Lokal
|
Franchising Asing
|
Pendidikan
|
Ganesha Operation, Nurul Fikri,
LIA
|
AIU (Atlantic International University), Study
Hall, Visual Academy,The Library
|
Kesehatan
|
Kimia Farma, Optik Melawai, Klinik
Mitra
|
Nasional University Hospital, Mount Elizabeth
Hospital
|
Jasa
|
JNE, GoGoex, Porto Valas, Metrolive
Gps
|
FedEx, APX Worldide, Mora
Cargo
|
Makanan/Minuman
|
Teh Botol Sosro, Bobby’s Steak, Ayam Lepas,
Majestik Bakery
|
Starbucks Coffee, AW, Vulcano Eropa, Mr.
Tacoz
|
3.
Perbedaan Kewirausahaan dengan Bisnis
Kecil
·
Kewirausahaan : Pelaku bisnis yang menerima
resiko maupun peluang karena menciptakan dan mengoperasikan bisnis baru.
·
Bisnis Kecil : Bisnis yang memiliki dan
dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi pasarnya.
4.
Gambar Mall Plaza Balikpapan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar